12 April 2014

Presentasi Anti Mainstream tanpa Power Point

Himpunan Mahasiswa Kimia Univer-sitas Airlangga baru saja melaksanakan proker tahunannya yaitu Chemistry Software Training atau yang disingkat CST pada (12/4) lalu. CST kali ini menyasar peserta dari mahasiswa seluruh program studi di Fakultas Sains dan Teknologi UA.
Bertemakan tentang “How to make a good presentation with Adobe Flash?”, acara Chemistry Software Training menda-tangkan seorang narasum-ber yakni Galang Rupawan, A.Md, seorang alumni D3 Sistem Informasi UA yang saat ini bekerja sebagai Public Relation and Data Manager di Upward Project. Beliau dengan senang hati memberikan ilmunya kepada para peserta agar dapat membuat presentasi yang menarik dan efektif.
Aplikasi yang digunakan bukanlah Adobe Flash, karena menurut Galang sebagai pembicara, “Jika menggunakan Adobe Flash, presentasi yang menarik akan memakan waktu yang cukup lama, karena
semua animasi dibuat secara manual.” Untuk itulah pada CST lalu digunakan software Swishmax yang pengoprasiannya jauh lebih sederhana dan mudah diterapkan.
Dengan menggunakan software seperti Swishmax atau Adobe Flash, kita dapat membuat presenta-si yang menarik dan lain daripada yang lain yang biasanya menggunakan MS. Power Point. Karena dengan software tersebut, kita dapat melakukan ban-yak hal misalnya membuat simulasi dari materi yang kita presentasikan atau-pun menyajikan data dengan konsep gambar gerak.
Tidak hanya menyuguhkan bagaimana cara membuat presentasi yang menarik, acara Chemistry Software Train-ing juga mendatangkan salah satu perwakilan dari Google Student Ambassador yaitu Kusumaningtyas Aditya Putri atau yang akrab disapa Putri. Pada kes-empatan tersebut ia menjelaskan mengenai produk Google yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta untuk memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas secara online terutama dalam kegiatan akade-mis.
“Sekarang kita bisa mengerjakan tugas kelompok secara bersamaan, tanpa harus ketemuan langsung dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh Google.”, ujar Putri.
Produk Google kian hari semakin diminati oleh masyarakat karena banyak fasilitasnya yang dapat dimanfaatkan untuk kemudahan dalam berak-tivitas. Untuk itu dengan adanya informasi dari Google Student Ambassador diharapkan mahasiswa bisa me-manfaatkan fasilitas yang telah disediakan guna menunjang kegiatan akad-emik mahasiswa.

(divisi Infokom Himaki UA - Chemistry Software Traineer Part 1)

1 komentar: