5 Juli 2014

ONMIPA 2015, SIAPA TAKUT?

Sekilas tanya jawab dengan wakil kimia UA pada ONMIPA 2014 lalu.

M. Al Rizqi Dharma Fauzi (Kimia ‟12) kembali men-gukir prestasi dengan meraih medali perak dalam ajang ONMIPA Mei 2014 lalu. Berikut petikan wa-wancara yang dilakukan oleh tim Chemistry Chronicle bersama Rizqi.
Q : Bisa dijelaskan mengenai acara ONMIPA tahun ini?
A : ONMIPA adalah Olimpiade Na-sional Matematika dan Ilmu Penge-tahuan Alam yang diadakan oleh Dirjen DIKTI. ONMIPA 2014 lalu dilaksanakan di hotel Graha Candi Semarang, tanggal 21-25 Mei 20014. Pelaksanannya hampir sama seperti tahun lalu, tapi ada perbe-daannya juga.
Q : Apa perbedaan ONMIPA 2014 dengan tahun lalu?
A : Panitia acara tahun ini lebih siap dari tahun lalu sehingga kesalahan teknis yang terjadi sangat sedikit. Seperti misalnya pembagian ID Card lebih baik daripada tahun lalu yang harus rebutan untuk mendapat-kannya. Lalu tingkat kesulitan soal semakin meningkat dan menantang. Terlebih ada soal olimpiade yang setara dengan tingkat internasional.
Q : Sejak kapan mengikuti olimpiade kimia? Kenapa me-nyukai Kimia?
A : Sejak kelas X SMA. Karena kimia sudah jadi passion saya.
Q : Persiapan apa yang dil-akukan sebelum ONMIPA dil-aksanakan?
A : Lebih rajin membaca jurnal ilmi-ah dan text book. Selain itu juga tidak terlalu terikat dengan dosen, mak-sudnya ketika tidak ada dosen tetap belajar apa yang seharusnya dipela-jari, atau lebih baik menambah porsi belajarnya. Memperbanyak mengerjakan soal-soal olimpiade ta-hun lalu juga banyak membantu, yang paling penting tidak lupa untuk minta doa restu ke kedua orang tua.
Q : Apa motivasi mengikuti ONMI-PA?
A : untuk mengukur kemampuan sejauh ma-na pengetahuan yang saya miliki. Selain itu kita bisa bersaing di tingkat Internasional.
Q : Apa yang paling me-nantang dalam pelaksanaan ONMIPA tahun ini?
A : Soal soal olimpiade yang setara dengan S2 alias sangat sulit, lebih banyak ke ana-lisisnya. Juga pesaing yang merupakan man-tan peserta Olimpiade Internasional.
Q : Apa target untuk ONMIPA tahun depan?
A : Insyaa Allah tahun depan jadi tahun ter-akhir buat saya dalam mengikuti ajang ONMIPA. Harapannya untuk yang terakhir
dapat medali emas. Aamiin.
Q : Tips khusus buat pembaca yang ingin ikut ONMIPA tahun depan?
A : Jika ingin sukses tidak boleh malas dan hanya sekedar bermimpi, harus ada actionnya. Banyak-banyak membaca buku dan jurnal ilmiah, juga jangan tergantung dengan kuliah saja, perbanyak ilmu dari tempat-tempat lain.
Q : Harapan untuk mahasiswa UA ke de-pannya?
A : Semoga ada penerus yang bisa memper-tahankan bahkan meningkatkan prestasi Univer-sitas Airlangga baik di tingkat nasional dan inter-nasional.

“Jika ingin sukses tidak boleh malas dan hanya sekedar bermimpi, harus ada actionnya.“CHEMISTRY UA

Pengen tahu seputar ONMIPA?
Chek this: http://www.dikti.go.id/id/mahasiswa/bidang-penalarankeahliankeprofesian/on-mipa-pt/

(Divisi Infokom Chemistry UA '13)

3 komentar:

  1. Bagaimana caranya utk ikut ON MIPA tahun 2015 ?
    apakah peserta dari luar Surabaya bisa ikut ?
    Mohon penjelasan cara mengikuti ON MIPA tahun 2015
    Terimakasih.

    BalasHapus
  2. bagaimana memotivasi diri supaya rajin mengerjakan soal2

    BalasHapus
  3. untuk mengikuti ONMIPA tahun 2015 bisa dilihat caranya disini http://dikti.go.id/mahasiswa/bidang-penalarankeahliankeprofesian/on-mipa-pt/ . Peserta yang dipilih untuk mengikuti ONMIPA biasanya harus diseleksi dahulu oleh pihak fakultas dan universitas, Setelah itu baru peserta bisa mewakili Universitas untuk ajang ONMIPA. Peserta dari seluruh Indonesia bisa ikut ajang ONMIPA ini, yang merupakan mahasiswa dari universitas negeri maupun swasta,

    BalasHapus